Monday, November 3, 2014

Sehari bersama si Kota Beriman

Bogor, Kota Beriman

Sabtu, 1 November 2014
Halooo! Hari ini kami sekeluarga melakukan perjalanan sehari ke kota beriman! yeah.
Kota Beriman? iyes, itu sih yang tertulis di gapura selamat datang kota ini, kota Bogor.
Sampe umur bioskop saat ini, aku baru tau kalau Kota Beriman itu sebutannya Kota Bogor, ku pikir selama ini sebatas Kota Hujan~ tapi Alhamdulillah yah, sampai di Bogor disambut cuaca adem ditambah baca tagline yang buat hati adem. Bogor Kota Beriman. aamiin

Perjalanan awal kami dari rumah pukul 06.30 am. Kami memilih untuk naik bus saja, bisa sih naik kereta, cuma bakal muter-muter jauh dari stasiun Bogor ke rumah saudaraku dan lebih efisien naik Bus.

Rumahku di Ciganjur, untuk sampai ke Bogor harus naik angkutan umum 3-4 kendaraan. Kalau kamu udah punya kendaraan sendiri, ya berarti dari rumah sampai Bogor cuma butuh naik satu kendaraan. yaiyalah!

Pertama.
Naik M20 untuk sampai ke pertigaan Cilandak KKO (tempat mangkalnya bis mini/kopaja/metromini).

Kedua.
Sampai di pertigaan Cilandak, Alhamdulillah langsung disambut KoantasBima T509. Ini minibus Lebak Bulus - Kp. Rambutan. Sayangnya kita ga dapet tempat duduk disini dan harus merelakan diri untuk berdiri. Gapapa lah ya, wong cuma sebentar ini diri nya. Asiknya sih, pas kita naik ber-enam, bus ini langsung jalan tanpa ngetem lagi~

Ketiga.
Bersiap turun di Jalan Baru (Pasar Rebo kesanaannya lagi).
Kenapa ga di Kp Rambutan aja?
Bisa sih, cuma jadi makan waktu banyak karena harus ke terminal dulu. Di Jalan Baru ini, semua bus yang ke arah Bogor (kota lain juga ada) dari Kp. Rambutan pasti lewat jalan ini juga. Cuma kurang enaknya itu kita ga tau pasti berapa lama bus yang mau kita naikin itu muncul karena sistemnya untung-untungan gitu. Untung kalau cepet busnya lewat, ga untung kalau lama nunggunya dan bikin boring. Tapi selow, nunggu ga akan berasa kok kalau kita punya uang, secara disini banyaaak tukang jajanan! Ga akan berasa deh nunggunya kalau sambil ngemil. Oiya, ada kurang enaknya lagi, kita belum tentu dapet tempat duduk. #catet. kalau lagi rame-ramenya pasti dari Kp Rambutan aja udah penuh penumpang.
Nah, tujuan utama kami sebenernya ga Bogor-Bogor banget tapi lebih ke arah Selatan dari Kota Bogor, Ciawi. Untuk sampai Ciawi, aku biasanya naik Bus Besar jurusan Jakarta-Sukabumi. Kalau Jurusan sukabumi kemungkinan besar banget pasti lewat Ciawi, sedangkan kalau jurusan Jakarta-Bogor, belum tentu tuh lewat Ciawi. Setauku si itu, soalnya dari kecil naiknya yang jurusan sukabumi mulu. Kalau ternyata salah info, maapin yak :D
Alhamdulillah beruntungnya kami kemarin pas turun dari KoantasBima, eh langsung ada bus jurusan Jakarta-Sukabumi, sayangnya harus berdiri dempetmacem ikan pepes gitu, maklum penuh busnya :( cuma ga separah kalau kita naik kereta CL pagi jurusan Jakarta atau sore jurusan Bogor sih.
Oiya gais, enaknya naik dari Jalan Baru, selain menghemat waktu adalah ongkos yang lebih murah. Jadi kalau kita mau turun di Ciawi cukup bayar 8k aja. Beda cerita tapi kalau kita naiknya dari Kp Rambutan, ongkosnya bakal dihitung full sama kaya ongkos Jakarta-Sukabumi yaitu 20k. Nah, lumayan kan menghemat 12k :')

Keempat.
Alhamdulillah mendarat di Ciawi dengan selamat! Enaknya berangkat pagi itu, macetnya sedikit. Hehe
Jam 7-8 pagi aja tadi udah macet di jalan, tepatnya di persimpangan ke puncak dan ke ciawi tadi. Yang ke arah puncak, masya Allah, panjang banget antrian kendaraannya, macem uler melingker di atas pager~ panjang! Nah, yang ke arah Ciawi Alhamdulillah lancar. Jangan seneng dulu, lancar nya cuma beberapa meter aja dari simpangan tadi. Tepat di 500M sebelum Ciawi, macetmerayap! Pada ngantri gitu buat keluar pintu Tol nya.
Setelah turun di Ciawi, kami ke arah kiri, mau ke arah desa Cibeduk. Sebelum naik angkot, kita sempetin dulu buat kulineran si sepanjang toko di jalan seberang Pasar Ciawi. Menurutku sih makanan disini yang recomended itu Nasi Padang sama Bubur Ayamnya. Untuk harga relatif sama kok sama yang di Jakarta.

Kelima.
Kami langsung naik angkot deh ke arah cibeduk. Dan sekitar 30 menit kita sampai di tempat tujuan! Berangkat pukul 6.30 pagi dan sampai sini sekitar pukul 10.00 pagi.

Meninggalkan sejenak kota Jakarta dan bertemu pemandangan ini~

kami siap menghadapi dunia! tsaah

ini Ibu sama Bapak. tjie~
suatu saat nanti, akan berdiri di puncak tertinggi! aamiin
kelakuan 3 bocah ini~

Langit sedikit mendung

ibuk

6 jam di desa ini, waktunya beranjak kembali ke Jakarta

Tepat setelah sholat Ashar, Waktunya pulang! Dari sini kita harus balik ke Ciawi buat naik Bus jurusan Jakarta. kalau dari Ciawi, kita bisa naik bus apa aja yang penting jurusan Jakarta. Disesuain juga sih sama deket atau engga nya sama rumah kita. Misal nih aku baru tau kalau ternyata dari Ciawi bisa naik Bus Putih gitu (Parung Indah namanya), jurusan LebakBulus-Sukabumi dan ngelewatin jalan TB Simatupang (Cilandak KKO), ongkosnya 12k. Nah lumayan banget kan ini, dengan harga yang sama kita bisa sampe langsung ke Cilandak dengan satu kendaraan aja dan ber-AC pula. Ahamdulillah nemu yang kaya begini disaat lelah-lelahnya~