Tuesday, November 4, 2014

# Melancong # wisatajakarta

WISATA JAKARTA : City Tour Jakarta Bus

Haloo! Hari ini setelah ngurus ini itu buat legalisir ijazah dan transkip nilai di kampus, aku ngeliat jam, lah masih jam 9 pagi. Ga seru banget kan, pulang jam segini, baru juga keluar rumah jam 8an. Yauda mumpung masih pagi, aku jalankan saja rencana melancongku. Daaaan melancong hari ini bertema City Tour Jakarta Bus!

Buat yang belum tau itu apa, coba cek twitternya @CityTourJakarta. Singkatnya sih ini semacam Bus rekreasi gitu yang disediain Pemkot DKI Jakarta untuk mengelilingi sebagian tempat-tepat keren dan bersejarah di Jakarta, gratis, tapi gatau juga denger-denger kabar sih sewaktu-waktu bisa berubah jadi berbayar. Nah, mumpung sekarang masih gratis, buru-buru yuk cobain bus keren ini!

9.25 AM
aku berangkat naik kereta dari Stasiun Pondok Cina. Untuk coba naik City Tour Jakarta Bus ini kita harus tunggu di halte yang udah disedian dan ada plang petunjuk tempat menunggu City Tour Bus ini. Kalau kamu naik kereta, turun di Stasiun Juanda. Kalau naik Busway, bisa naik yang ke arah Monas, turun di Halte Monas. Sebenarnya banyak juga tempat pemberhentian Bus ini, cuma aku lupa dekat sama halte busway apa aja. Biar lebih pasti cek twitternya aja ya. Biaya Stasiun Pondok Cina-Juanda, Rp 3500 saja.

sambil nunggu kereta Kota dateng :p

10.11 AM
Sampai stasiun Juanda dengan selamat! Keluar stasiun dan langsung cari stasiun penyebrangan ya dan nyebrang ke arah Masjid Istiqlal. Sampai di seberang jalan, belok kanan, jalan sedikit nanti ada Halte Masjid Istiqlal. Awalnya kurang yakin halte ini yang dimaksud salah satu halte nunggu Bus City,  eh pas liat lebih deket beneran ada plang City Tour nya. Ya Allah, deket banget dari stasiun Juanda, ku pikir harus jalan jauh :'D



Halte Masjid Istiqlal

Ga lama nunggu di halte, 10 menit kurang lebih, dateng deh busnya! dan sepiii! enaknya naik Bus ini itu di hari kerja, sepi dan ga harus ngantri :')

Jangan lupa ya, pastiin ada petunjuk gambar bus dan tulisan CityTour


sisi belakang

Sisi Samping

Masjid Istiqlal dari dalam Bus


Kondisi dalam Bus

Bus ini ada 2 tingkat, setelah aku cobain, lebih seru di lantai atas, recommended bangetlah pokoknya. Lantai 2 terdiri dari 40 kursi (ini aku ga ngitung sih, tapi baca di blog lain kataya segini), lantai dasar 20 kursi (ini aku ngitung sendiri :D).

Lantai 2, sepi~

Beberapa kursi di lantai dasar, posisi tempat duduknya begitu

Ada Polisi nya juga loh di Bus ini

Rute Bus

Rute di hari kerja sama di weekend / libur nasional kemungkinan beda, tapi yang pasti kalau di hari kerja semua halte lengkap dikunjungi :D Info lebih lanjut tanya aje MpokSiti sebutan adminnya twitter CityTourBus. Kalau tadi sih, setelah halte Masjid Istiqlal....
1. Monas 1, dekat Radio RI dan Gedung Mahkamah Konstitusi
2. Monas 2, dekat Gedung Sapta Pesona
3. Halte Balai Kota
4. Halte Sarinah
5. Lupa nama halte nya, pokoknya seberang Gedung Pollman (?)
6. Halte Museum Nasional atau Gajah
7. Halte Pecenongan
8. Halte
9. kembali ke Halte Masjid Istiqlal

oiya ini kalau aku ga salah ingat ya rutenya >.< oiya, kurang lebih perjalanan siang tadi 45 menit setiap putaran.


Sejauh ini sih, menurutku keren banget bus ini. Dingin~ nyaman~
Selama perjalanan, ada tour guide yang ngejelasin tentang jalan/gedung bersejarah yang dilewati.
Nah, setelah ngerasain sendiri, bener juga kata temen-temen yang sempet nge-review bus ini tentang lagu yang diputerin sepanjang perjalanan. Kalau tadi pas aku naikin sih, lagu yang diputer semua lagu Barat. Mungkin akan lebih kerasa feel rekreasi Jakartanya kalau lagu nya diganti jadi lagu khas daerah Jakarta :)

Monas


Ini cerita Bus rekreasi di Jakarta, semoga kesampean buat nyobain versi Bandung sama kota-kota lainnya! aamiin


Kamar Osa, 8:16 PM
Fly High!

No comments:

Post a Comment