Monday, June 25, 2018

# Review

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan dari Mobile JKN

Assalamu'alaikum..

Pernah ga sih ngerasain kartu hilang atau kartu keselip gitu?
Dulu aku sering banget kartu antah berantah dimana, sampai aku pusing sendiri carinya 😑
Alhamdulillah sekarang udah sadar sih, mencoba lebih rapi simpan kartu di dompet.

Tapi gimana dong kalau kartunya udah bener-bener ga ketemu?
Kalau kartu BPJS Kesehatan kamu yang hilang, sekarang ada solusi gampangnya nih, tanpa harus ribet ke Kantornya yang tahu sendiri kan antrinya ga perlu diraguin lagi kaya apa 😆

MOBILE JKN

Ini aplikasi yang bisa diunduh di playstore atau app store. Keyword nya 'Mobile JKN' atau 'BPJS Kesehatan', dari sekian banyak aplikasi bpjskes yang muncul, pastiin yang kamu pilih aplikasi resmi yang paling atas ya, MOBILE JKN bukan yang lain.





Setelah diunduh bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini ya

  1. Pilih menu sebelah kanan  atau warna hijau, "Pendaftaran Pengguna Mobile"
  2. HARUS buat akun dulu sebelum login. Password nya password baru yang nantinya dipakai buat akses aplikasinya, jadi ga harus sama dengan password email. Setelah semua data diisi termasuk No HP, nanti kamu dapat no verifikasi ke no HP yang tadi didaftarkan. No verifikasinya 4 angka, nomor tersebut dimasukkan ke kolom yang muncul di aplikasi. Setelah verifikasi baru register. (CMIIW, aku agak-agak lupa sih 😅)
  3. Waktunya LOGIN! Aku beberapa kali logout-login, kadang Captcha nya ga muncul, kayanya masalah Jaringan. Jadi kalau kamu pas login captchanya ga muncul, ga perlu khawatir, coba aja 1 atau 2 jam ke depan, nanti juga muncul kok. Pastiin juga paket internet kamu masih ada.
  4. Pilih Menu Kartu Peserta
  5. Setelah muncul gambar Kartu Indonesia Sehat, klik Gambar amplop yang ada di sebelah kiri. Klik Ya untuk dikirim kartunya ke email
  6. Cek email, unduh dan tinggal di Print deh 


Jangan kaget ya kalau kartu yang muncul di layar namanya KIS atau Kartu Indonesia Sehat, udah ku tanyain ke Call Center 1500400 (niat banget ya nanya segala 😅 ), diinfoin kalau kartu terbaru tampilannya memang seperti itu. Kalau keluarga kamu adanya kartu yang lama, ga masalah, kartunya masih bisa digunain, masih berlaku, jadi ga perlu khawatir.
Jangan kaget juga kalau yang dikirim ke email kamu beda sama yang muncul dilayar, karena yang dikirim itu versi kartu Elektroniknya atau E-ID, sama-sama resmi, sama-sama bisa digunain.

Sekian, semoga bermanfaat ya, semoga sehat terus 😊

Rumah, 10:03 PM
Fly High!

No comments:

Post a Comment