Sunday, February 10, 2013

# Sepenggal Cerita

Umar bin Abdul aziz

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, semangat pagi :)

di Minggu pagi ini, dapat kabar duka cuta dari FIK UI
Innalillahi wa innailaihi raaji'uun, telah meninggal dunia Annisa Azwar (FIK 2011)
semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan di-ikhlas-kan hatinya begitupun sahabat dan orang-orang yang dikenalnya :')

Aku sendiri ga kenal, tapi TL twitter banyak yang ngetweet tentang ini
sepagi ini dapat berita duka cita jadi inget tentang suatu kisah, baru aku baca kemarin..

ini sedikit kisah dari buku pdf "Cinta di Rumah Hasan Al Banna" di hal 1

"Siapa yang menjaminmu hidup sampai setelah waktu zuhur?"
Pertanyaan itu terlontar dari mulut seorang pemuda kepada khalifah Umar bin Abdul Aziz, tokoh pemimpin bergelar Khulafaur Rasyidin yang kelima. Ketika itu, khalifah yang terkenal keadilannya itu sangat tersentak dengan perkataan sang pemuda. Terlebih saat itu, ia tengah merebahkan diri beristirahat usai menguburkan khalifah sebelumnya,, Sulaiman bin Malik.
Tapi baru saja ia merebahkan badannya, seorang pemuda berusia tujuh belasan tahun datang menghampirinya dan mengatakan, "Apa yang ingin engkau lakukan wahai Amirul Mukminin?" Khalifah Umar bin Abdul Aziz menjawab, "Biarkan aku tidur barang sejenak. Aku sangat lelah dan capai sehingga nyaris tak ada kekuatan yang tersisa." 
Namun pemuda itu tampak tak puas dengan jawaban tersebut. Ia bertanya lagi, "Apakah engkau akan tidur sebelum mengembalikan barang yang diambil secara paksa kepada pemiliknya, wahai Amirul Mukminin?" 
Khalifah Umar bin Abdul Aziz mengatakan, "Jika tiba waktu zuhur, saya bersama orang-orang yang akan mengembalikan barang-barang tersebut kepada pemiliknya." Jawaban itulah yang kemudian ditanggapi oleh sang pemuda, "Siapa yang menjaminmu hidup sampai setelah waktu zuhur, wahai Amirul Mukminin?" 
Pemuda itu bernama abdul aziz. Ia. putera Amirul Mukminin, Umar bin abdul Aziz. Semoga allah merahmati keduanya.
 Apa hayo hikmah yang di dapet? coba dipikirkan masing-masing :)

o iya, btw ada yang ngeh ga, kok khalifah Umar bin Abdul Aziz bisa dapet gelar Khulafaur Rasyidin kelima?
Yang kita pasti tahu Khulafaur Rasyidin ada Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Nah kenapa Umar bin Abdul Aziz kelima? padahal sebelumnya ada Sulaiman bin Malik..
setelah baca-baca, ini karena pada masa Umar bin Abdul Aziz, mengalami kejayaan yang gemilang, makadari itu para ahli sejarah menjulukinya Khulafaur Rasyidin kelima setelah Ali bin Abi Thalib.

Referensi :
#Cinta di Rumah Hasan Al Banna
http://harianislam.blogspot.com/2012/04/sulaiman-bin-abdul-malik-715-717-m.html
http://www.republika.co.id

hanya kepada Allah kita akan kembali :')


Salam Metamorf!
08.52 am, Kamar Osa

No comments:

Post a Comment